D3 Arsitektur Polnes Upgrading ke S1 Terapan Arsitektur Bangunan Gedung di 2022

Tahun 2021 ini Program Studi D3 Arsitektur Politeknik Negeri Samarinda berkomitmen dan telah memulai langkah-langkah yang diperlukan untuk upgrading (alih program) dari diploma menjadi Sarjana (S1) terapan bernama : Arsitektur Bangunan Gedung. Ditargetkan pada bulan November tahun 2021 ini seluruh instrumen yang diperlukan telah terupload di laman silemkerma Kementerian.

Perubahan menjadi S1 Terapan ini merupakan langkah dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. http://silemkerma.kemdikbud.go.id/assets/panduan/panduan2021/Vokasi/PERSYARATAN_DAN_PROSEDUR_PENINGKATAN_PROGRAM_D3_SARJANA_TERAPAN.pdf

Dengan adanya program ini, maka mahasiswa yang mendaftar D3 pada tahun 2021 ini otomatis akan menjadi mahasiswa S1 pada tahun mendatang, 2022. Tujuan yang ingin dicapai oleh prodi adalah meningkatkan kompetensi lulusan. Dengan adanya pendidikan selama 4 tahun, disertai dengan program pendidikan yang lebih tepat sesuai kebutuhan industri dunia arsitektur di Kaltim pada khususnya. Adapun gelar yang akan disanding oleh lulusan nanti adalah Str.Ars. (Sarjana Terapan Arsitektur).

Selamat ! Mahasiswa dengan IP Tertinggi di Prodi Arsitektur Polnes

Dengan telah berakhirnya perkuliahan semester Ganjil 2020-2021 bulan Februari lalu, nilai-nilai per mata kuliah telah ditetapkan oleh Program Studi dan Jurusan. Untuk itu kami sampaikan bahwa mahasiswa berikut ini menduduki peringkat Indeks Prestasi (IP) Tertinggi di angkatannya pada semester Ganjil 2020-2021.

  1. Triannisa Salsabila, NIM 20619047 kelas 1A dengan IP 3,86
  2. Ismaul Husna, NIM 19619039 Kelas 3A dengan IP 3,80
  3. Abdul Azis, NIM 18619061 Kelas 5C dengan IP 3,97

Selamat kepada 3 mahasiswa tersebut, akan diberikan Reward dari Program Studi D3 Arsitektur. Teruslah berkarya, dan berprestasi !

Mahasiswa dengan IP Semester Tertinggi per angkatan

Tata Cara Pengajuan Cuti di Prodi Arsitektur Polnes

Dalam perkuliahan di kampus Politeknik Negeri Samarinda, mahasiswa diberikan hak untuk mengajukan cuti selama 1 (satu) tahun. Berikut langkah-langkah mengajukan cuti.

  1. Datang ke Bagian Akademik di Gedung Direktorat, minta form cuti
  2. mengisi form kemudian ditandatangani oleh : Mahasiswa, dan Orang tua/Wali
  3. Meminta Paraf persetujuan Koordinator Program Studi Arsitektur
  4. Meminta tanda tangan Ketua Jurusan Desain, dan distempel.
  5. Meminta tanda tangan Wakil Direktur Bidang Akademik, di Gedung Direktorat, dan distempel
  6. Fotokopi form cuti tersebut yang telah terisi lengkap dengan tanda tangannya, diserahkan ke Program studi dan diarsipkan ke jurusan. Lembar asli disimpan
  7. setelah selesai cuti, kembali ke kampus dan membawa form cuti.

Pengumuman Kelulusan dan Nilai Akhir Arsitektur Polnes

Kelulusan dan Nilai Akhir Arsitektur Polnes Semester Ganjil Tahun Akademik 2020-2021 akhirnya diumumkan pada hari ini, 1 Maret 2021. Dari nilai yang diumumkan ini terdapat beberapa mahasiswa yang tidak lulus sehingga dicutikan (khusus semester 5), dan tidak lulus sehingga tidak dapat melanjutkan ke semester selanjutnya (mengundurkan diri).

Nilai akhir kelas 1A

Nilai akhir kelas 1B

Nilai akhir kelas 1C

Nilai akhir kelas 3A

Nilai akhir kelas 3B

Nilai akhir kelas 3C

Nilai akhir kelas 5A

Nilai akhir kelas 5B

Nilai akhir kelas 5C

Beasiswa Kaltim Tuntas 2020

Kabar gembira bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi untuk bisa berpeluang mendapatkan beasiswa dari Kaltim. Terdapat dua jenis beasiswa yaitu kaltim tuntas dan kaltim stimulan. Perbedaannya, Kaltim tuntas itu membiayai hingga akhir studi, sedangkan stimulan hanya per tahun 1x saja, dan dapat mendaftar lagi di tahun berikutnya.

Persyaratan ada di website resminya https://www.kaltimtuntas.id/#

Mohon mahasiswa menyimak semua info di sana, dan persyaratan detail akan diinfokan di sana pula. Pembukaan pendaftaran ada di tanggal 15 Mei 2020 ini jadi persiapkan persyaratan anda.

Syarat yang harus dipenuhi ada beberapa, mahasiswa prodi arsitektur berkesempatan mengikuti.

syarat perguruan tinggi POLNES sudah akreditasi B, terpenuhi.

syarat prodi Arsitektur Polnes akreditasi B juga terpenuhi. sertifikat akreditasi dapat diunduh di website ini juga.

Berikut persiapan berkas yang berkaitan dengan prodi arsitektur Polnes.

1. Surat keterangan aktif kuliah. Mahasiswa dapat memperolehnya dengan mendatangi pusat info di gedung direktorat Polnes. Jangan lupa memakai masker dan menjaga jarak selama di kampus

2. KHS, kartu hasil studi. Anda dapat menghubungi admin prodi ( M. Syafrudin ). Ada 3 yang akan menandatangani KHS, yaitu kaprodi, kajur, dan wadir 1. Jadi persiapkan waktunya karena butuh waktu menemuinya.

3. Transkrip nilai (jika diperlukan). Anda dapat mengisi formnya yang telah dipublish di sini https://arsitektur.polnes.ac.id/2020/05/08/download-format-transkrip-nilai-arsitektur-polnes/ . Anda harus mengisi sendiri dan harus TELITI.

4. IPK anda akan tampil setelah melewati poin 3 di atas. bagi yang IPK di atas 3,00 silakan mencetak transkrip dan mengumpulkannya ke Admin prodi, dengan melampirkan KHS dari semester 1.

5. Kaprodi akan melakukan validasi dan tandatangan KHS dan transkrip anda dalam waktu 1-2 hari. setelah selesai, anda dapat membawanya ke Jurusan untuk di tandatangani Ketua Jurusan, dan membawa ke Wakil direktur 1 di akademik.

Demikian petunjuk persiapan mengikuti Kaltim Tuntas 2020. Lebih lengkap silakan mengunjungi website resminya.

 

Download Format Transkrip Nilai Arsitektur Polnes

Bagi mahasiswa yang membutuhkan transkrip nilai, dapat mengunduh (download) dari link berikut di bawah ini. Biasanya untuk keperluan pengajuan beasiswa, atau pengajuan transfer ke S1 (alih jenjang).

Cara pengisian transkrip nilai ini adalah dengan terlebih dahulu memiliki KHS (kartu hasil studi) semester yang telah ditempuh. Mahasiswa dapat menemui admin prodi arsitektur untuk mendapatkan KHS. Nilai masing-masing mata kuliah tersebutlah yang diinput ke kolom nilai. Selebihnya sudah otomatis terisi.

Silakan unduh di link berikut ini

http://www.mediafire.com/file/kr7enkh8r4hz7am/Transkip_Nilai.rar/file